Rabu, 21 September 2016

Tulisan Minggu KE 4 # (DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF INTERNET BAGI PELAJAR)





DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF INTERNET 
BAGI PELAJAR


              
                Pada saat ini, internet sangat diperlukan dalam mendukung kegiatan belajar mengajar terutama pada bagian informasi biasanya berkaitan dengan pelajaran dan tugas sekolah. Dahulu informasi hanya bisa didapat dengan membaca buku dan Koran atau mendengarkan televisi dan radio. Akan tetapi berbeda dengan sekarang, hanya dengan mengetik kata kunci pada searchengine maka milyaran informasi akan muncul sesuai dengan kata kunci tersebut. Tidak sedikit dan tentunya banyak pelajar saat ini sudah menguasai bagaimana cara menggunakan internet.
                Dampak positif internet bagi pelajar lainnya adalah bagi yang hobi tulis menulis dapat mempublikasikannya lewat blog. Namun juga harus diperhatikan etika dan aturannya, sehinggatidak ada hal-hal yang tidak diinginkan. Tulisan pada internet akan menjadi refrensi sepanjang masadengan sistem internet yang 24 jam non stop. Dan diharapkan dapat bermanfaat dari generasi kegenerasi.Tentu saja media internet menjadi pilihan bagi pelajar yang mengasyikan. Praktis dan efisienmenjadi pertimbangan utama. Selain itu kecepatan dan keakuratan informasi juga mempengaruhi.Selain itu pelajar dapat mengembangkan bakat dan minat di bidang Internet, seperti hal nya membuka usaha online disamping tidak melanggar hak dan kewajiban seorang pelajar. Pelajar tidak perlu menunggu tokonya untuk melayani konsumen, hanya dengan menentukan ketentuan dan persyaratan bagi konsumen barang sudah dapat dikirim.Jejaring sosial yang popular di kalangan pelajar seperti email, facebook, twitter juga merupakan hal penting bagi pelajar untuk kemudahan akses berkomunikasi terutama bagi pelajar sekolah menengah pertama dan menengah atas. Selain itu, jejaring sosial diyakini dapat meningkatkan rasa solidaritas antar sesama. Pelajar dapat berteman dengan siapapun dan dapat mengasah kemampuan berbahasa.Berikut beberapa manfaat internet secara umum bagi pelajar :

    Internet sebagai media mencari informasi
    Media komunikasi
     Media pertukaran data
     Media kemudahan bertransaksi
     Media publikasi.

Dampak Negatif Internet bagi pelajar
Dampak negatif penggunaan internet secara umum :

Hacking : adalah menerobos program komputer milik orang/pihak lain.

Phising : adalah kegiatan memancing pemakai komputer di internet(user ) agar mau memberikan informasi data diri pemakai (username) dan kata sandinya (password) pada suatu website yang sudah di-deface.

Cracking : adalah hacking untuk tujuan jahat.

Carding : adalah berbelanja menggunakan nomor dan identitas kartu kredit orang lain, yang diperoleh secara ilegal, biasanya dengan mencuri data di internet.

Defacing : adalah kegiatan mengubah halaman situs/website pihak lain.

Spamming : adalah pengiriman berita atau iklan lewat surat elektronik (e-mail) yang takdikehendaki. Spam sering disebut juga sebagai bulk e-mail atau junk e-mail alias “sampah”.

Malware : adalah program komputer yang mencari kelemahan dari suatu software.Umumnya malware diciptakan untuk membobol atau merusak suatu software atau operating system.

Adapun dampak negatif penggunaan internet di kalangan pelajar   :

1. Pornografi
Pornografi sering terjadi pada kalangan anak-anak dan remaja. Kemungkinan sifat anak-anak dan remaja yang cukup lugu atau polos yang belum begitu tahu mana yang benar dan salah menjadikan mereka sebagai target dalam kejahatan ini. Disamping juga pelaku ingin merusak moralitas generasi muda. Sangat memprihatinkan sekali karena pada usia ini, anak-anak dan remaja sedang mengalami perkembangan pada bagian otak depan. Sedangkan otak depan adalah pusat untuk melakukan perencanaan dan penilaian yang akan memerintahkan tubuh melakukan sesuatu.Ketika seorang anak sudah mengalami kecanduan maka susah untuk menghentikannya dan pasti akan mengulanginya kembali. Anak selalu dibayang-bayangi oleh kesalahan, dalam keadaan iniotak akan berputar 2,5 kali lebih cepat dibanding pada keadaan normal. Sehingga menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan anak tidak baik. Berbagai peristiwa pornografi yang dilihatnya akan selalu terbayang dan sulit untuk dilupakan.Media internet memang sangat membantu manusia dalam kegiatan berkomunikasi dan informasi. Akan tetapi jika disalahgunakan maka internet akan bertolak belakang atau merusak.Berdasarkan hasil survey, Indonesia berada pada urutan ke tujuh (7) pengunduh film porno terbesardi dunia. Pengunduh situs porno di Indonesia, didominasi oleh pemuda, remaja bahkan anak dibawah umur. Kebanyakan situs porno di unduh melalui warnet (warung internet), karena merekatakut ketahuan oleh orang tua jika mereka melakukannya di rumah.Maraknya kasus-kasus kejahatan seksual yang dilakukan oleh anak-anak dan remaja sepertiseks bebas, hamil diluar nikah, aborsi, pelecehan, dan penyakit kelamin sudah tidak asing lagi bagitelinga kita. Berbagai dampak buruk dari pornografi telah merusak moral generasi penerus bangsa terutama pelajar.

2. Ketergantungan/Kecanduan Jejaring Sosial
Mempunyai akun facebook atau twitter merupakan hal wajib bagi kalangan pelajar buktinya 61.1% pengguna internet khususnya facebook di dominasi oleh para remaja usia 14-24 tahun. Bagi seseorang yang kecanduan menganggap jejaring sosial sebagai tempat mengadu atau curhat, tempat mencari jodoh/pacar, tempat bersenang-senang (bermain game poker), dan terkadang ada yang menjadikan jejaring sosial sebagai tempat menipu orang.
Pada akhirnya tujuan utama dalam menggunakan jejaring sosial dikesampingkan. Berikut beberapa dampak negatif jejaring sosial bagi pelajar:


    Tidak peduli terhadap lingkungannya
     Boros
    Mengganggu kesehatan
    Kurangnya kemampuan bersosialisasi
    Rawan terjadi kejahatan

3. Plagiarisme
 Seseorang yang menjiplak tanpa mencantumkan sumber adalah seorang plagiat dan tindakan ini disebut plagiarisme. Malas untuk menulis (berkarya) tetapi ingin dianggap ahli dan pintar dalam menulis (berkarya) merupakan alasan umum ketika seseorang menjiplak hakcipta/karya seseorang. Sangat disayangkan sekali ketika plagiarisme ini merajalela, kreatifitas anak bangsa secara tidak langsung tapi pasti akan menurun, rendahnya rasa kepercayaan terhadapseseorang dan munculnya rasa malas pada setiap orang.
“Ketika kita ingin dihargai orang lain maka hargailah dulu orang lain” sebuah kalimat yang benar-benar harus kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kita harus menghargai dan mengapresiasi berbagai karya-karya orang lain yang memang bermanfaat bagi kita.

Pengaruh Internet Terhadap Perkembangan Remaja (Pelajar)  :

1. Perkembangan Fisik
 Remaja pada usianya sedang mengalami pertumbuhan mulai dari bentuk tubuh, otak,hormon dan lain-lain menuju fisik orang dewasa. Internet dapat merangsang pertumbuhan seks seorang remaja. Situs pornografi yang berisikan konten berbahaya secara tidak langsung merangsang pertumbuhan seksualitas remaja yang buruk. Upaya pencegahan harus segera dilakukan. Kecanduan dalam menggunakan internet juga mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh.

2. Perkembangan Sosial
 Remaja adalah saat dimana mereka mulai dituntut bersikap mandiri dan harus dapat menyesuaikan diri terhadap lingkungannya. Internet membantu remaja untuk melakukan proses berkomunikasi dan bersosialisasi. Siapapun itu, berapa jauh jaraknya, kapanpun dan dimanapun itu bukanlah halangan untuk bersosialisasi. Akan tetapi menurut berbagai penelitian mengungkapkan bahwa seseorang yang kecanduan internet akan memiliki sifat yang kurang peduli terhadap lingkungan, dan tidak mau bertatap muka langsung.

3. Perkembangan Kognitif
 Remaja sudah mulai dapat menentukan berbagai aspek kognitifnya dan berkembang pola berpikirnya seperti bagaimana ketika mereka menyelesaikan masalah, membuat rencana,menuangkan ide-ide, dan menyikapi sebuah pilihan. Mereka mulai mempertimbangkan dan mempertanyakan segala sesuatu yang akan dan sudah dilakukan.Internet dapat membantu remaja dalam memperoleh informasi dan jawaban menghadapi suatu masalah. Tetapi apabila seorang remaja telah kecanduan internet, maka internet akan dijadikan satu-satunya sumber yang benar dalam menentukan segala hal. Seorang remaja tidak bisa membedakan mana sesuatu yang nyata dan mana sesuatu yang maya.

4. Perkembangan Emosional
 “Masa muda masa yang berapi-api” sepenggal lirik dari lagu bang haji Rhoma Irama yang
menjelaskan remaja memiliki tingkat emosi yang tinggi atau labil pada masanya. Remaja sedang mencari tahu identitas dirinya. Internet terkadang menjadi pelampiasan perasaan remaja seperti facebook dan twitter. Remaja dapat mencurahkan berbagai isi perasaan tanpa dilarang sesuai dengan keinginannya. Adapun dampak yang dapat mengganggu emosi remaja diantaranya dapatmengakibatkan gangguan mental.

APA YANG HARUS KITA LAKUKAN  ????

Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) harus lebih diutamakan ketimbang dengan pembangunan Infrastruktur. Hebatnya Infrastruktur tergantung kepada bagaimana manusianya.
PELAJAR merupakan salah satu dari SDM yang harus diberdayakan. Pendidikan yang berkualitas tentu menjadi hak bagi seorang pelajar. Orang tua sebagai fasilitator hanya berharap anaknya dapat belajar dengan baik sehingga menjadi anak yang cerdas, pintar dan berakhlak mulia.Pelajarlah yang nantinya memegang dan memimpin suatu bangsa. Baik buruknya suatu bangsa tergantung bagaimana kondisi pelajar saat ini. Jika melihat pada sebuah kenyataan, sungguh miris ketika banyak pelajar yang telah melakukan tindak kriminal atau kenakalan remaja seperti tawuran,pelecehan seksual, tindakan mencontek, plagiarisme, narkoba dan yang lainnya. Pelajar pada saat ini dituntut agar bisa menghadapi era globalisasi yang modern ini yang tentunya sangat berbeda seperti zaman dahulu.Ada yang mengatakan internet memiliki banyak sekali manfaat, tetapi ada juga yang mengatakan internet memiliki banyak sekali dampak buruk. Hal ini tergantung bagaimana kita menyikapi dan menggunakan internet. Ketika seseorang berpikiran bahwa internet itu sangat merugikan dan berdampak buruk maka secara tidak langsung seseorang itu akan menggunakan internet untuk hal-hal yang tidak baik. Tetapi ketika seseorang berpikiran bahwa internet itu sangat bermanfaat maka secara tidak langsung seseorang itu akan menggunakan internet untuk hal-hal yang baik dan bermanfaat.Menurut saya, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk menghindari dampak buruk penggunaan internet dan menerima sebanyak-banyaknya manfaat dari internet adalah sebagai berikut:

     Meningkatkan iman dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
     Merubah pola pikir terhadap internet, berpikirlah selalu positif.
     Membuka situs-situs yang memang dijamin aman dan menginstall software pelindung internet.
     Menggunakan internet sesuai dengan kebutuhan bukan sesuai keinginan.
   Mengelola dan membatasi penggunaan internet.Selain itu ada peran khusus orang tua untuk mengawasi dan memberikan penjelasan tentang internet. Karena keluarga merupakan komunitas terkecil yang membentuk karakter anak. Akan tetapi semua ini dapat terwujud apabila semua pihak bekerjasama


sumber:
 https://www.academia.edu/8055115/DAMPAK_POSITIF_DAN_NEGATIF_INTERNET_BAGI_PELAJAR






Tulisan Minggu KE 3 # (Langkah – Langkah Sebelum dan Sesudah Penulisan Ilmiah di Univ Gunadarma)



Langkah – Langkah Sebelum dan Sesudah Penulisan Ilmiah di Universitas Gunadarma

          Sebelum membahas langkah – langkah, saya akan membahas mengenai PI (Penulisan Ilmiah) terlebih dahulu. PI adalah sebuah penulisan mengenai berbagai macam masalah yang berkaitan dengan bidang studi yang kita ambil melalui serangkaian proses penelitian dari mulai awal penentuan masalah hingga hasilnya berupa laporan PI berbentuk jurnal ataupun yang lain. Biasanya PI ini baru mulai di semester 6 minggu ketiga. Pada minggu ketiga semester 6, akan ada 3 atau 2 dosen pembimbing yang akan membimbing para mahasiswanya yang dibagi beberapa orang tiap dosennya.
            Awal pertemuan dengan dosen pembimbing biasanya banyak dijelaskan tentang PI, jika sudah mengetahui dosen pembimbingnya, kita bisa bertanya kapan dan dimana akan bimbingan lagi. Biasanya akan diberikan nomer handphone untuk sms atau telpon dengan dosen pembimbingnya. Sebelum bimbingan PI dan setelah nya, kita harus mempersiapkan banyak hal diantaranya yaitu :

1.Mengetahui format penulisan PI.

2.Menentukan judul PI, sebaiknya sebelum menentukan judul PI, kita harus membaca minimal 5 jurnal yang berkaitan dengan judul PI yang akan kita ambil. Selain jurnal juga boleh membaca literatur lain seperti skripsi, simposium, tesis, ataupun PI yang sudah ada sebelumnya di www.library.gunadarma.ac.id/epaper

3.Jika judul sudah di setujui oleh dosen pembimbing, maka langkah selanjutnya yaitu membuat bab 1 sampai dengan bab 5 sertakan lampiran jika ada dan buat cover, lembar pengesahan, abstrak, kata pengantar, daftar isi, dan daftar tabel.

4.Jika PI sudah selesai, maka dosen pembimbing akan ACC PI yang telah dibuat. Selain kertas acc PI, amplop yang berisi nilai juga diberikan dan formulir untuk ijazah setara sarjana muda. Kertas acc PI dari dosen disimpan jangan sampai hilang.

5.Setelah acc PI, persiapkan syarat untuk daftar sidang PI. Biasanya syaratnya itu surat acc PI asli dan fotocopy, amplop yang berisi nilai, fotocopy ktm, krs, blangko, dan kertas formulir untuk ijazah setara sarjana muda yang telah ditempel foto 4X6 sebanyak 2 foto.

6.Untuk Fakultas Ekonomi loket daftar sidang PI ada di Kampus D gedung 4 loket 11, yang buka setiap hari Rabu dan Jumat jam 10.00 – 15.00 Berkas untuk syarat sidang diserahkan ke loket 11, lalu tunggu dipanggil nanti akan diberikan lagi kertas acc PI serta tanggal sidangnya.

7.Tanggal sidang sudah ada, kita harus persiapkan slide presentasi sidang maksimal 10 slide dalam bentuk power point dan PI nya difotocopy 3 untuk dosen penguji, yang satu buat pedoman kita.

8.Persiapkan mental dan materi PI yang telah dibuat, supaya lancar dan bisa menjawab semua pertanyaan yang diajukan dosen penguji.

9.Saat sidang, usahakan datang tepat waktu dan kalau bisa 30 menit sebelum sidang harus sudah ada di depan ruang sidang. Karena sebelumnya akan ada absen dan biasanya urutan sidang sesuai absen atau diacak, tergantung dosen pengujinya.

10.Setelah sidang, semua yang sidang akan dipanggil semua untuk dibagikan kertas revisi yang berisi apa saja yang harus diperbaiki dan dosen revisinya.

11.Selesaikan revisi sesuai waktu yang ditentukan dosen revisi, biasanya ada yang seminggu sampai 2 minggu. Setelah revisi selesai, ke loket 11 yang di Kampus D untuk mengecek kelulusan dan dapat cap.

12.Setelah dinyatakan lulus, buat hardcover PI. Kalau dosen pembimbing meminta PI kita, berarti buat 2 hardcover, kalau tidak buat 1 hardcover. Warna hardcovernya disesuaikan dengan jurusan masing-masing untuk fakultas ekonomi warna hrdcovernya biru telur asin.

13.Setelah buat hardcover PI, upload slide presentasi sidang di studentsite, dengan cara yaitu :

oLogin studentsite dan masuk ke menu perpustakaan

oPilih upload penulisan ilmiah, lalu isi data yang lengkap dan benar. Jenis penulisan pilih slide presentasi dan tanggal penyerahan berkas isi dengan tanggal upload slide PI tersebut. Sebelum upload slide presentasi sidang PI, sebaiknya slide tersebut harus dikonversikan ke dalam bentuk pdf.

oUpload slide presntasi, filenya tidak boleh lebih dari 2 MB. Lalu klik kirim penulisan, kemudian definisikan file tersebut dengan dokumen presentasi . lalu kirim penulisan lagi.

o Akan muncul bukti upload, lalu klik bukti tersebut kemudian save dan print bukti tersebut.

14.Setelah harcover dan uplode slide PI, minta tanda tangan dosen pembimbing lalu ke loket perpustakaan. Kumpulkan hardcover PI yang sudah ditandatangani oleh dosen pembimbing dan bukti upload. Tunggu dipanggil dan bukti upload akan dicap dan diverifikasi oleh loket perputasakaan.

15.Untuk tanda tangan koordinator PI, bawa hardcover PI, kertas revisi, dan bukti upload yang sudah dicap ke loket 11 Kampus D. Tunggu 1 minggu dan ambil PI dengan menggunakan ktm.

16.Tanda tangan ketua sekjur di Kampus E sebelah ruang sekretariat dosen, kumpulin PI nya dan ambil lagi kira-kira 1 minggu.

17.Scan lembar pengesahan yang sudah ada 3 tanda tangan lengkap yaitu dosen pembimbing, koordinator PI, dan ketua jurusan. Lalu, upload PI dalam bentuk pdf dari cover sampai lampiran.

18.Setelah upload, bawa harcover PI ke loket perpustakaan dan akan di berikan blanko. Lalu bayar blangko tersebut dan kembali lagi ke loket dengan bukti pembayaran blangko tersebut.

19.Simpan dengan baik blangko tersebut dan surat acc PI, karena itu merupakan syarat pengambilan ijazah setara sarjana muda.

Semoga langkah – langkah di atas dapat bermanfaat bagi pembaca, kunci dari selesainya PI yaitu niat, tekun, rajin , ikuti arahan dan bimbingan dari dosen pembimbing serta banyak - banyakin do’a…..



SEMOGA SUKSES    !!!!!!










Tugas Softskill 'Etika Profesi Akuntansi' #



Tugas Softskill
 'Etika Profesi Akuntansi'
Audit Forensik Petral, Mafia Migas Keruk Rp 250 Triliun


Audit Forensik Petral, Mafia Migas Keruk Rp 250 Triliun

            PT Pertamina (Persero) mengungkapkan, audit forensik yang dilakukan terhadap Pertamina Energy Trading Limited (Petral) Group menemukan adanya kebocoran informasi rahasia dalam proses pengadaan minyak dan produk minyak‎ perseroan. Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto menuturkan, audit forensik yang dilakukan pada 1 Juli hingga 30 Oktober 2015 tersebut menemukan beberapa hal anomali sekaligus dapat menjadi referensi untuk perbaikan sistem baru pengadaan minyak dan produk minyak di masa mendatang, oleh Integrated Supply Chain (ISC). Hasil audit forensik terhadap Pertamina Energy Trading Ltd (Petral) menyebutkan terjadi anomali dalam pengadaan minyak pada 2012-2014.


        Hasil audit forensik terhadap Pertamina Energy Trading Ltd (Petral) menyebutkan terjadi anomali dalam pengadaan minyak pada 2012-2014. Berdasarkan temuan lembaga auditor Kordha Mentha, jaringan mafia minyak dan gas (migas) telah menguasai kontrak suplai minyak senilai US$ 18 miliar atau sekitar Rp 250 triliun selama tiga tahun.


            Menurut Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said, ada beberapa perusahaan yang memasok minyak mentah dan bahan bakar minyak (BBM) kepada PT Pertamina (Persero) melalui Petral pada periode tersebut. Namun, setelah diaudit, kata Sudirman, semua pemasok tersebut berafiliasi pada satu badan yang sama. Badan itu menguasai kontrak US$ 6 miliar per tahun atau sekitar 15 persen dari rata-rata impor minyak tahunan senilai US$ 40 miliar. “Ini nilai kontrak yang mereka kuasai,bukan keuntungan,” kata Sudirman kepada Tempo, Selasa 10 November 2015.


        Sudirman enggan membeberkan grup usaha yang dia maksudkan. Namun dia menyebut perusahaan itu kerap menggunakan perusahaan perantara (fronting traders) dan perusahaan minyak milik negara (national oil company/NOC) untuk menggaet keuntungan lebih banyak. Akibat ulah mafia ini, kata dia, Pertamina tidak memperoleh harga terbaik dalam pengadaan minyak ataupun jual-beli produk BBM. Sudirman tengah mengkaji temuan tersebut untuk ditindaklanjuti secara hukum. “Proses pro-justitia masih kami pertimbangkan,” tuturnya.


         Sumber Tempo di Kementerian Energi mengatakan Petral menjadi kepanjangan tangan pihak ketiga untuk masuk proses pengadaan minyak. Menurut dia, pihak ketiga ini memiliki informan di tubuh Petral, yang membocorkan informasi pengadaan minyak, memunculkan perhitungan harga, serta mengatur tender. “Sebelum disampaikan ke peserta tender, si pembocor menyampaikannya dulu ke jaringan tersebut,” ujarnya.


      Saat dimintai konfirmasi, juru bicara Pertamina, Wianda Pusponegoro, mengakui adanya penguasaan kontrak oleh jaringan tertentu. “Hal ini menambah panjang rantai suplai sehingga harga beli minyak kurang kompetitif,” katanya. Namun dia enggan menyebutkan pihak ketiga yang disebut-sebut dalam audit itu.


            Ihwal adanya pembocor di tubuh Petral diakui oleh Direktur Utama Pertamina Dwi Sutjipto. Menurut Dwi, kebocoran informasi rahasia dan intervensi pihak eksternal ini mempengaruhi pengembangan bisnis, mitra secara tidak langsung, dan proses negosiasi oleh Petral. “Ini telah kami laporkan kepada pemerintah untuk diambil langkah lanjutan apabila diperlukan,” katanya, Senin lalu.

sumber : http://m.tempo.co/read/fokus/2015/11/11/3280/audit-forensik-petral-mafia-migas-keruk-rp-250-triliun


Hasil Review Kasus Petral   :



1.         KAP yang mengaudit Pertamina Energy Trading Limited (Petral) adalah auditor independen, Kordha Mentha yang berada di bawah supervisi Satuan Pengawas Internal Pertamina.

2.         Jenis Audit yang dilakukan dalam kasus petral adalah Audit Forensik. Dimana,Audit Forensik adalah audit yang dilakukan untuk mendeteksi kemungkinan kemungkinan risiko terjadinya fraud atau kecurangan didalam maupun diluar sistem secara komprehensif.

3.         Berikut ini beberapa gambaran proses audit forensik :
a. Identifikasi masalah, auditor melakukan pemahaman awal terhadap kasus yang hendak diungkap untuk mempertajam analisa dan spesifikasi ruang lingkup sehingga audit bisa dilakukan secara tepat sasaran. 
 b. Pembicaraan dengan klien, auditor akan melakukan pembahasan bersama klien terkait lingkup, kriteria, metodologi audit, limitasi, jangka waktu, dan sebagainya untuk membangun kesepahaman antara auditor dan klien terhadap penugasan audit.
c.   Pemeriksaan pendahuluan, auditor melakukan pengumpulan data awal dan menganalisanya. Hasil pemeriksaan pendahulusan bisa dituangkan   menggunakan matriks 5W + 2H (who, what, where, when, why, how, and how much). Investigasi dilakukan apabila sudah terpenuhi minimal  4W + 1H  (who, what, where, when, and how much).  Intinya, dalam proses ini auditor akan menentukan apakah investigasi lebih lanjut diperlukan atau tidak.
d.   Pengembangan rencana pemeriksaan, auditor akan menyusun dokumentasi kasus yang dihadapi, tujuan audit, prosedur pelaksanaan audit, serta tugas setiap individu dalam tim. Konsep temuan ini kemudian akan dikomunikasikan bersama tim audit serta klien.
e.  Pemeriksaan lanjutan, auditor akan melakukan pengumpulan bukti serta melakukan analisa atasnya. Auditor akan menjalankan teknik-teknik auditnya guna mengidentifikasi secara meyakinkan adanya fraud dan pelaku fraud    tersebut.
f.  Penyusunan Laporan, ditahap akhir auditor melakukan penyusunan laporan hasil audit forensik.
Dalam laporan ini setidaknya ada 3 poin yang harus diungkapkan.  Poin-poin tersebut antara lain adalah     :



Ø    Kondisi, yaitu kondisi yang benar-benar terjadi di lapangan.

Ø    Kriteria, yaitu standar yang menjadi patokan dalam pelaksanaan kegiatan. 
     Oleh karena itu, jika kondisi tidak sesuai dengan kriteria maka hal tersebut disebut sebagai temuan.

Ø   Simpulan, yaitu berisi kesimpulan atas audit yang telah dilakukan.Biasanya mencakup sebab fraud, kondisi fraud,serta penjelasan detail mengenai fraud tersebut.



4.         Kesimpulan :

KAP kordha mentha dalam kasus petral sudah melakukan audit sesuai dalam aturan etika kompartemen akuntan publik dengan no.100 tentang indepedensi,integritas,dan objektivitas ; no.202 tentang kepatuhan terhadap standar ;dan no. 303 tentang tanggung jawab kepada klien (301 informasi klien yang rahasia). KAP Kordha Mentha juga dalam melakukan audit sudah mengikuti kode etik IAI dengan prinsip :
-    Tanggung jawab profesi
KAP kordha menthe sudah menjalankan tugasnya yaitu bertanggung jawab dan profesional terhadap kasus yang diselidikinya dimulai dari menganalisis kasus dengan audit forensik sampai menemukan beberapa temuan audit yang diketahui. 

-     Integritas
Untuk memelihara dan meningkatkan kepercayaan publik, setiap anggota harus memenuhi tanggungjawab profesionalnya dengan integritas setinggi mungkin. Dalam kasus ini, lembaga audit independen (Kordamentha) telah membuktikan pegawai yang bermasalah tidak diberikan izin untuk mendapatkan wewenang lagi dalam menjalankan tugas dibagian impor BBM. Hal ini menunjukan integritasnya dan agar segera direalisasi sehingga meningkatkan kepercayaan public (masyarakat).



5.         Temuan Audit :

Berdasarkan pelanggaran No. 100 tentang Independensi, Integritas dan Objektivitas dalam Aturan Etika Kompartemen Akuntan Publik yang dilakukan kasus Petral setelah diaudit oleh Kordamentha adalah sebagai berikut   :

a) Terdapat jaringan mafia minyak dan gas (migas) telah menguasai kontrak suplai minyak senilai US$ 18 miliar atau sekitar Rp 250 triliun selama tiga tahun.

b) Dalam proses pengadaan terdapat kebocoran informasi rahasia yang dalam bentuk surat elektronik (email) maupun obrolan via sosial media. Informasi  tersebut berkaitan dengan patokan harga dan volume bahan bakar minyak   (BBM).

c) Pengaruh pihak eksternal dalam proses bisnis petral, seperti pemilihan mitra tak langsung dan proses negoisasi term and condition.

d) Audit forensik menemukan bahwa terdapat surat elektronik (email) maupun obrolan via sosial media yang ditengarai membocorkan informasi terkait patokan harga dan volume bahan bakar minyak (BBM).

e) Ketidakefisienan rantai suplai berupa mahalnya harga crude dan produk serta dapat menyebabkan harga beli minyak yang kurang kompetitif yang dipengaruhi oleh kebijakan Petral dalam proses pengadaan.

 
Sumber :