1EB20
Ajeng
Wulandari ( 20213520 )
Ellysa S utami P ( 22213872 )
Devy Ratnasari ( 22213280 )
Tugas Minggu ke 6
1.JELASKAN PERBEDAAN PASAR DENGAN
PEMASARAN
Pengertian “pasar”
semula adalah tempat dimana pembeli dan penjual berkumpul untuk mempertukarkan
barang- barang mereka atau lebih jelasnya tempat pertemuan pembeli dan penjual.
Ekonom menggunakan istilah tersebut untuk mengacu pada sekumpulan pembeli dan
penjual yang melakukan transaksi atas produk atau kelas produk tertentu.
Pasar adalah kelompok individual
(perorangan maupun organisasi) yang mempunyai permintaan terhadap barang
tertentu, berdaya beli, dan berniat merealisasikan pembelian tersebut.
Pengertian Pemasaran
Jika harus mendefinisikan pemasaran, kebanyakan orang,
mengatakan pemasaran artinya “penjualan” atau “periklanan”.
Penjualan atau periklanan hanyalah “the tip of the marketing iceberg”.
Penjulan atau periklanan hanyalah salah satu dari erbagai fungsi pemasaran, dan
seringkali bukan merupakan bagian terpenting.
Pemasaran dalam pengertiannya yang lebih luas, didefinisikan sebagai semua
kegiatan yang dirancang untuk mendorong dan mengelola segala pertukaran untuk
memuaskan keinginan dan kebutuhan kita.
Dari perspektif bisnis yang lebih sempit pemasaran dapat didefinisikan
sebagai sebuah keseluruhan sistem kegiatan bisnis yang dirancang untuk
menyediakan sesuatu bagi kelompok, individu, atau organisasi yang memuaskan
mereka, guna mencapai tujuan organisasi. Oeh karena itu, pemasaran dalam
situasi bisnis bersifat dapat dikelola, merupakan suatu sistem, melibatkan
produk, promosi, penetapan harga, dan distribusi (yang perlu di koordinasi),
dan dirancang untuk memberikan sesuatu yang memuaskan atau nilai kepada suatu kelompok
(pasar sasaran), dan dalam rangka mencapai tujuan organisasi/ individu).
2.BERIKAN
CONTOH MASING-MASING 5 UNTUK :
*JENIS
PASAR INDUSTRI
*JENIS
PASAR INDUSTRI
*PASAR PENJUAL
*PASAR PENJUAL
Contoh
jenis pasar industri :
a) Pabrik benang,
b) Pengusaha Mebel,
c) Pengusaha Alat-alat Rumah Tangga,
d) Pengusaha kapas,
e) Pabrik pensil.
a) Pabrik benang,
b) Pengusaha Mebel,
c) Pengusaha Alat-alat Rumah Tangga,
d) Pengusaha kapas,
e) Pabrik pensil.
Contoh
jenis pasar penjual :
a) Buka Grosir Buah murah, lalu jual ke pedagang eceran b) Beli Kepiting Bakau dari pengepul, lalu jual ke eksportir.
c) Membeli ban di pabrik ban mobil, lalu dijual di bengkel.
d) Membeli mobil kemudian di sewakan ke konsumen.
e) Membeli sambel pecel di produsennya, kemudian dijual dipasar-pasar.
a) Buka Grosir Buah murah, lalu jual ke pedagang eceran b) Beli Kepiting Bakau dari pengepul, lalu jual ke eksportir.
c) Membeli ban di pabrik ban mobil, lalu dijual di bengkel.
d) Membeli mobil kemudian di sewakan ke konsumen.
e) Membeli sambel pecel di produsennya, kemudian dijual dipasar-pasar.
3.JELASKAN dgn 1 CONTOH BARAN /JASA UNIVERSAL
BAGAIMANA MEMASARKANNYA ( BERDASARKAN 4 P )
Contohnya peralatan Kantor atau Peralatan Sekolah
─ Berdasarkan
product :
Artinya barang tersebut harus bisa memikat para konsumen agar tertarik
untuk membelinya dan pastinya harus berkualitas.
─ Berdasarkan
price :
Artinya produk barang yang ditawarkan kepada konsumen janganlah memasang
harga yang tinggi karena itu akan mengurangi rasa ketertarikan konsumen untuk
membeli barang tersebut.
─ Berdasarkan
promotion :
Artinya untuk meningkatkan produk penjualan, harus diimbangi dengan promosi
secara luas agar masyarakat itu mengetahui produk yang kita jual, bahkan produk
tersebut bisa menjadi terkenal, atau bisa sekalian untuk jasa sebagai member
buat memproosikan produk tersebut.
─ Berdasarkan
place :
Artinya produk tersebut baiknya dipasarkan sesuai tempatnya seperti
dilakukan di toko fotocopy , atau bisa juga on line.
4.SEBUT
DAN JELASKAN 4 VARIABEL BAURAN PROMOSI
Bauran
pemasaran memiliki empat variabel yang dikenal dengan istilah “4 P” (product,
price, promotion, and place) yang saling berkaitan satu sama lain. penjelasan mengenai
variabel-variabel bauran pemasaran adalah sebagai berikut:
a) Produk(product)
Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk diperhatikan, diperoleh digunakan atau dikonsumsi sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.
Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk diperhatikan, diperoleh digunakan atau dikonsumsi sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.
b) Harga(price)
Harga merupakan jumlah uang yang harus dibayarkan oleh konsumen untuk mendapatkan suatu produk. Harga diukur dengan nilai yang dirasakan dari produk yang ditawarkan jika tidak maka konsumen akan membeli produk lain dengan kualitas yang sama dari penjualan saingannya. Harga adalah satu-satunya alat bauran pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai sasaran pemasarannya. Keputusan harga harus dikoordinasikan dengan rancangan produk, distribusi dan promosi yang membentuk program pemasaran yang konsisten dan efektif.
Harga merupakan jumlah uang yang harus dibayarkan oleh konsumen untuk mendapatkan suatu produk. Harga diukur dengan nilai yang dirasakan dari produk yang ditawarkan jika tidak maka konsumen akan membeli produk lain dengan kualitas yang sama dari penjualan saingannya. Harga adalah satu-satunya alat bauran pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai sasaran pemasarannya. Keputusan harga harus dikoordinasikan dengan rancangan produk, distribusi dan promosi yang membentuk program pemasaran yang konsisten dan efektif.
c) Tempat(place)
Tempat termasuk aktivitas perusahaan untuk membuat produk tersedia bagi konsumen sasaran. Keputusan mengenai tempat sangat penting agar konsumen dapat memperoleh produk yang dibutuhkan tepat pada saat dibutuhkan.
Tempat termasuk aktivitas perusahaan untuk membuat produk tersedia bagi konsumen sasaran. Keputusan mengenai tempat sangat penting agar konsumen dapat memperoleh produk yang dibutuhkan tepat pada saat dibutuhkan.
d) Promosi(promotion)
Promosi merupakan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan manfaat dari produk atau jasa dan meyakinkan konsumen sasaran tentang produk yang mereka hasilkan.
Promosi merupakan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan manfaat dari produk atau jasa dan meyakinkan konsumen sasaran tentang produk yang mereka hasilkan.
5.SEBUTKAN BEBERAPA ALTERNATIF
SISTEM PEMASARAN
macam strategi pemasaran diantaranya:
1. Strategi kebutuhan primer
Strategi-strategi pemasaran untuk merancang kebutuah primer yaitu:
1.Menambah jumlah pemakai dan
2. Meningkatkan jumlah pembeli.
2. Strategi Kebutuhan Selektif
Yaitu dengan cara :
a. Mempertahankan pelanggan misalnya:
1. Memelihara kepuasan pelanggan;
2. Menyederhanakan proses pembelian;
3. Mengurangi daya tarik atau jelang untuk beralih merk;
b. Menjaring pelanggan (Acquistion Strategier)
1. Mengambil posisi berhadapan (head – to heas positioning)
2. Mengambil posisi berbeda (differentiated positin)
Secara lebih jelas, strategi pemasaran dapat dibagi kedalam empat jenis yaitu:
1. Merangsang kebutuhan primer dengan menambah jumlah pemakai.
2. Merangsang kebutuhan primer dengan memperbesar tingkat pembelian.
3. Merangsang kebutuhan selektif dengan mempertahankan pelanggan yang ada.
4. Merangsang kebutuhan selektif dengan menjaring pelanggan baru
1. Strategi kebutuhan primer
Strategi-strategi pemasaran untuk merancang kebutuah primer yaitu:
1.Menambah jumlah pemakai dan
2. Meningkatkan jumlah pembeli.
2. Strategi Kebutuhan Selektif
Yaitu dengan cara :
a. Mempertahankan pelanggan misalnya:
1. Memelihara kepuasan pelanggan;
2. Menyederhanakan proses pembelian;
3. Mengurangi daya tarik atau jelang untuk beralih merk;
b. Menjaring pelanggan (Acquistion Strategier)
1. Mengambil posisi berhadapan (head – to heas positioning)
2. Mengambil posisi berbeda (differentiated positin)
Secara lebih jelas, strategi pemasaran dapat dibagi kedalam empat jenis yaitu:
1. Merangsang kebutuhan primer dengan menambah jumlah pemakai.
2. Merangsang kebutuhan primer dengan memperbesar tingkat pembelian.
3. Merangsang kebutuhan selektif dengan mempertahankan pelanggan yang ada.
4. Merangsang kebutuhan selektif dengan menjaring pelanggan baru
Tidak ada komentar:
Posting Komentar